Wednesday, 19 August 2009

Si Kabayan Mencari Tuhan

Si Kabayan seorang laki-laki yang beasal dari desa, telah lima tahun menuntut ilmu di negeri paman sam. Suatu hari... ia kembali ke desanya.

Nyai Iteng (Istrinya) merasa heran dengan perubahan yang terjadi pada diri sang suami (Kabayan). Kabayan yang dulunya rajin shalat... kini ga pernah lagi terlihat pergi ke masjid "boro-boro ke masjid... shalat di rumahpun ga pernah"

Iteung penasaran dan menanyakan kepada sang suami kenapa dia menjadi berubah. "Kang Kabayan! Iteung mah ngerasa aneh sama akang!" Kata iteung heran

"Aneh kenapa atuh nyi!" Jawab kang Kabayan.

"Kenapa sekarang akang jarang shalat... jarang ngaji.... dan ga pernah pergi ke masjid!" tambah iteung.

"Sekarang saya punya keyakinan baru dari negeri paman sam sana iteung!" jawab Kabayan dengan nada tinggi.

"Astaghfirullah....! kenapa akang jadi begini?" Iteung sedih.

"Sudahlah iteung... kamu bawa saja kiayi atau ustad paling hebat di kampung ini! dia pasti ga bisa jawab pertanyaan akang, dia pasti jadi pengikut akang" Kata Kabayan dengan sombong.

Iteung merasa khawatir... iapun bergegas memanggil ustad Asep, salah satu guru ngaji di kampung tetangga.

Atas panggilan Iteung, datanglah sang ustad ke rumah si Kabayan. "Anda siapa?" tanya kabayan.

"Saya ustad Asep, dari kampung sebelah"

"Benar kamu ustad? kalo benar kamu ustad... dan kamu percaya bahwa tuhan itu ada, kamu pasti bisa menjawab pertanyaan saya. Tetapi kalau tidak bisa... tinggalkan saja agamamu itu!" Kabayan menantang sang ustad...

"Isya Allah... jika Allah mengijinkan saya akan menjawabnya." Kata ustad

"Kamu jangan yakin dulu... di Amerika saja, waktu saya kuliah... Profesor paling pintar sekalipun tidak ada yang bisa menjawab" Hardik Kabayan dengan yakin.

"Kalau begitu... pertanyaan apa yang akan kang Kabayan tujukan pada saya?" Tanya ustad.

"Begini....
1. Kalau benar tuhan itu ada, tunjukan wujud tuhan kepada saya.
2. Kalau benar manusia mempunyai takdir, apa itu takdir dan tunjukan pula pada saya.
3. Setan itu kan diciptakan dari Api, lalu kenapa tuhan memasukan setan ke dalam neraka? bukankah neraka juga terbuat dari api? apakah setan akan merasa sakit dengan api? mengapa tuhan tidak berfikir sampai kesitu?" Tanya kang Kabayan

"PLAK...." (itu gambaran saya tentang suara tamparan) tiba-tiba sang ustad menampar pipi Kabayan dengan keras.

"Aduh.... kenapa kamu menampar saya? kamu marah? kalau tidak bisa membuktikan jangan marah!" kata Kabayan

Sang ustad tersenyum. "Itu adalah jawaban dari ketiga pertanyaan akang"

Kabayan : "Kalau kalah jangan marah..."

Ustad : "Bagai mana rasa tamparan saya"

Kabayan : "Sakit!"

Ustad : "Akang percaya rasa sakit itu ada?"

Kabayan : "Saya percaya!"

Ustad : "Tunjukan wujud sakit itu pada saya"

Kabayan : "Saya tidak bisa menunjukan wujudnya"

Ustad : "Itulah jawaban pertanyan pertama anda. Sesungguhnya Tuhan itu ada namun manusia tidak akan mampu melihat wujudnya"

Ustad : "Apakah sebelum saya datang Akang berfikir akan merima tamparan dari saya hari ini?"

Kabayan : "Tidak!"

Ustad : "itulah yang dinamakan takdir..."

Ustad : "terbuat dari apa tangan saya?"

Kabayan : "Kulit..."

Ustad : "Terbuat dari apa pipi Akang?"

Kabayan : "Kulit juga."

Ustad : "Bagaimana rasa tamparan saya?"

Kabayan : "sakit!"

Ustad : "Walaupun setan terbuat dari api dan neraka pun terbuat dari api... jika Tuhan berkehendak maka neraka merupakan tempat yang menyakitkan bagi setan"

Mendengar jawaban dari sang ustad... sikabayan terdiam. Nah... sekarang tinggal bagai mana kang Kabayan menyikapinya.... tidak akan saya tulis soalnya dah malam besok harus ngantor lagi, saatnya tidur....!

Jangan lupa tinggalin komen ochey...!

27 komentar:

  1. Ha..ha..ha...
    Lucu Bro..... Ceritanya...
    Tapi bener2 mengena lho pesannya....
    Thanks ya, walaupun lewat sebuah kisah humor, Bro ngambil bagian dalam menyadarkan manusia.....

    Salam Kenal Balik............

    ReplyDelete
  2. ada-ada wae tuh...wakakakakak,,,
    eh,kang....tolong saya donk buat pasang link http://die-silver.blogspot.com/2009/08/kenali-dan-kunjungi-objek-wisata-di.html pake anchor text Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang. Mohon dukungannya ya kang???plisss...

    by die-silver.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. hahahaha,....
    lucu,... kabayan bego,....

    nice post sobat,...!!!!

    ReplyDelete
  4. visiting u my friend,leaving u my smiles here,keep in touch

    ReplyDelete
  5. hihihihi....renungan yg di package dgn humor, sebenarnya mengena. btw, lucu ya manusia itu selalu melihat sesuatu berdasarkan satu kacamata saja. btw, salam kenal kang dedy.

    ReplyDelete
  6. hihihihi....renungan yg di package dgn humor, sebenarnya mengena. btw, lucu ya manusia itu selalu melihat sesuatu berdasarkan satu kacamata saja. btw, salam kenal kang dedy.

    ReplyDelete
  7. hihihihi....renungan yg di package dgn humor, sebenarnya mengena. btw, lucu ya manusia itu selalu melihat sesuatu berdasarkan satu kacamata saja. btw, salam kenal kang dedy.

    ReplyDelete
  8. hihihi..lucu renungannya di package dgn humor jadi labih fresh. salam kenal kang dedy dr suzhu, thank dh mampir diblog aq ya

    ReplyDelete
  9. hehehe... humornya oke kang... tanpa ada rasa menggurui... sip

    ReplyDelete
  10. aku udh pernah baca ini dpt dr email teman tp dr sisi yg berbeda hehe...

    ReplyDelete
  11. hihihihihi...lucu critanya bro...salut!!!!!!!!

    ReplyDelete
  12. rasanya uda pernah baca ini,tp dimana ya.... lupaa

    ReplyDelete
  13. Hebat Kang, saya suka dan mengena sekali.

    Saya tunggu karya berikutnya.

    ReplyDelete
  14. hahahahaaaaaa...bisa aja ni akang...kwkwkwkwwwwkwkwkwkwkkkkkkekekekekekekkkkk...addduuhhh jadi sakit perut nich....

    ReplyDelete
  15. salam sobat
    bisaan ,,si kabayan mencari TUHAN judul postingannya sobat.
    makanya banyak yang pada komentar nich,,karena penasaran cerita selanjutnya si Kabayan yang mencari TUHAN.

    ReplyDelete
  16. nice post. dikemas dalam kisah yang ringan. tapi agak aneh bagi, koq komeng diatas menyebut kisah ini humor ya? mananya yg lucu?

    ReplyDelete
  17. pernah baca cerita yg sama dg ini tp tokohnya beda...dalam novel (kalau nggak salah judulnya: co gito Allah sum)

    ReplyDelete
  18. GILA, BAGUS BANGET...!!!
    Thx, bacaan ini sangat berguna untuk saya.

    ReplyDelete
  19. Empat acunganjempol kang (tangan ma kaki:)).... bener2 menginspirasi, nuhun

    ReplyDelete
  20. akang hehehheheeheh....bagus bagus.....kapan kapan berkunjung ya azgi.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Kang Said..
    wkwkwk lucu banget kang yakin... hahaha
    Izin kopas kang...

    ReplyDelete
  22. gokil................

    ReplyDelete
  23. hmmm... ak suka bnget ma crita kabayan.... udh kocak, lucu, n juga pnter.... walaupun dia it adlah seorg tkoh yang lugu tpi trnyata otakx brguna juga lohhhh.....

    ReplyDelete
  24. BAGUS KANG CERITANYA....TOLONG POSTING LAGI YANG LAIN..

    ReplyDelete
  25. BAGUS KANG, POSTING LAGI YANG LAINNYA DONG...

    ReplyDelete
  26. weqqq kabayan kabayan ada ada aja lucu banget membaca cerita lucu dan melihat gambar lucu memang hiburan yang sangat menyenangkan

    ReplyDelete